Home About Us Our Product Articles Contact Us Our Clients Chat Whatsapp

Metal Detector Cengkeh

 Metal Detector Cengkeh

metal detector untuk cengkeh
Metal Detector untuk Cengkeh

Siapa yang tidak tahu cengkeh. Rempah andalan Indonesia ini sudah sangat terkenal sejak masa kolonial. Karena manfaatnya yang sangat banyak, bahkan rempah ini menjadi rebutan para penjajah pada masanya.

Terlepas dari cerita panjang tentang penggunaan cengkeh itu, cengkeh masih menjadi rempah andalan sampai masa modern untuk digunakan dalam berbagai produk seperti industri kretek, obat-obatan, dan kecantikan. Kandungan minyak cengkehnya yang memiliki beragam manfaat serta baunya yang harum dan khas membuatnya terasa adiktif.

Indonesia menjadi negara penghasil cengkeh terbanyak di dunia. Dari zaman dahulu sampai sekarang cengkeh, rempah-rempah Indonesia, merupakan salah satu komoditas yang menjadi primadona di pasar dunia. Tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, cengkeh juga menjadi komoditas yang mendominasi ekspor Indonesia. Indonesia menjadi negara pengekspor cengkeh terbesar menduduki peringkat kedua setelah Madagaskar. Sebagai negara tropis dan asal dari cengkeh, Indonesia memiliki potensi tinggi produksi cengkeh. Tanaman ini tersebar luas baik di pekarangan ataupun perkebunan hampir di seluruh wilayah. Provinsi Sulawesi Utara merupakan wilayah dengan luas tanaman cengkeh terluas di Indonesia, sedangkan di Provinsi Riau, DKI Jakarta, dan Kalimantan Tengah boleh dikatakan tidak ada area perkebunan cengkeh. (sumber: Detik News)

Karena tingginya permintaan cengkeh dari berbagai industri serta menjadi komoditi ekspor yang sangat diandalkan oleh Indonesia, tentu kualitas cengkeh Indonesia harus menjadi perhatian. Selain kualitas secara karakter dari cengkeh itu sendiri, juga kualitas dalam pemrosesannya terlebih lagi cengkeh juga menjadi bahan baku obat-obatan dan kosmetik. 

Pemrosesan cengkeh dari perekebunan harus lolos standar HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point). Salah satu parameter HACCP adalah produk harus bersih dari kontaminan logam yang berbahaya seperti besi, tembaga, kuningan, stainless dan sebagainya. Kontaminasi ini dapat terjadi dalam proses pengolahan cengkeh tersebut.

Pengecekan cengkeh dapat menggunakan metal detector jenis free fall, artinya cengkeh harus dicek oleh metal detector sebelum dikemas dalam karung atau bag. Free fall metal detector akan memisahkan logam yang terdeteksi ke pembuangan sehingga produksi tetap berjalan.

Ilustrasi penempatan sensor metal detector pada pemrosesan cengkeh

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai Metal Detector untuk Cengkeh melalui telpon, whatsapp atau email.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D, Kel. Pondok Kelapa, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
021 8694 1748 (Telpon)
0811 1720 047 (Telpon, WhatsApp, WeChat)


signature
Back to top
banner