Home About Us Our Product Articles Contact Us Our Clients Chat Whatsapp

Metal Detector untuk Industri Kecap Manis

Metal Detector untuk Industri Kecap Manis


Kuliner Indonesia sudah sangat lekat dengan kecap manis. Selain rasanya yang manis, kecap juga biasanya memiliki sedikit rasa asin dan gurih. Selain untuk menambahkan cita rasa terhadap masakan, kecap manis juga menjadi pewarna makanan alami. Dalam pembuatan kecap, komposisi utama yang dibutuhkan adalah kedelai hitam, gula, air, dan garam. Senyawa lain yang juga terkandung dalam kecap adalah bahan pengawet seperti asam benzoate dan asam sorbat, dan bahan pengental.

Petani kedelai hitam Indonesia mampu menghasilkan kedelai hitam dengan kualitas yang baik, bahkan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Namun pertanian kedelai hitam Indonesia masih belum mencukupi permintaan pasar lokal sehingga negara kita masih harus mengimpor kedelai hitam untuk kebutuhan produksi terutama kecap. Kecap dapat dibuat dengan 3 cara yaitu fermentasi, hidrolisis dan kombinasi keduanya. Prinsip pembuatan kecap secara fermentasi adalah memecah/mengurai protein, lemak dan karbohidrat melalui aktivitas enzim yang berasal dari kapang, ragi (khamir) dan bakteri menjadi senyawa yang lebih sederhana yang mempengaruhi aroma, cita rasa dan komposisi kecap. Untuk cara hidrolisis pada prinsipnya terjadi penguraian protein dengan asam sehingga dihasilkan peptida dan asam amino. Sedangkan cara kombinasi pada pembuatan kecap yaitu dilakukan penggabungan kedua cara yaitu diawali dengan hidrolisis sebagai protein oleh asam dan dilanjutkan dengan proses fermentasi. Cara pembuatan kecap di Indonesia yaitu cara fermentasi. Hal ini disebabkan karena kecap yang dibuat secara fermentasi memiliki flavor dan aroma kecap yang lebih baik dibandingan dengan cara hidrolisis.

Sebagai produk yang dikonsumsi langsung oleh konsumen, tentu standar produksi kecap manis harus memenuhi persyaratan standar keamanan pangan. Hal ini untuk melindungi konsumen dari bahaya kontaminasi yang tidak dapat ditolerir oleh tubuh manusia. Contoh kontaminasi yang berbahaya adalah logam berat. Tindakan pencegahan kontaminasi logam dapat dilakukan di berbagai proses tergantung di titik mana terjadi potensi kontaminasi paling banyak. Akan tetapi tidak ada salahnya juga jika anda memilih untuk melakukannya di setiap proses jika anda memiliki dana yang lebih untuk perlindungan konsumen. Berikut adalah beberapa pilihan metal detector dan metal separator yang bisa digunakan dalam industri kecap manis.

1. Proses sortir kedelai hitam

Pada proses ini, sesaat kedelai hitam (bahan baku kecap) datang dari perkebunan atau petani, kedelai dapat disortir menggunakan free fall metal detector untuk mencegah adanya patahan logam dari peralatan perkebunan yang ikut terbawa ke dalam proses.

Metal Detector Free Fall Kedelai Hitam

2. Proses perendaman

Pada proses ini, kedelai dapat direndam pada tempat yang anda miliki, kemudian menempatkan magnet trap di dalam nya atau pada outlet sehingga jika ada serbuk logam yang ikut terendam, dapat menempel pada magnet.

Magnet Trap 2 Layer

3. Proses setelah fermentasi

Pada proses ini, kecap manis hasil fermentasi dan pencampuran bahan lainnya dapat dialirkan melalui pipa stainless untuk kemudian masuk pada proses pendeteksian logam menggunakan Pipeline Metal Detector.

Metal Detector Pipeline Kecap Manis

4. Proses setelah pengemasan

Ini adalah proses yang paling praktis, mudah dan efisien yaitu penempatan metal detector pada proses akhir. Setelah kecap manis dikemas baik menggunakan kantong plastik, botol plastik atau botol kaca, kecap dapat dilewatkan pada metal detector conveyor. Jika ada logam yang ikut terkemas, maka metal detector akan menghentikan proses (conveyor) serta memberikan alarm.

Metal Detector Conveyor Kecap Manis

Jika anda sedang membutuhkan Metal Detector untuk Kecap Manis, silahkan hubungi Sales Representative kami pada kontak di bawah. Kami akan merekomendasikan alat yang cocok untuk kebutuhan di tempat anda.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Komplek BDN No. 49, Kel. Jatiwaringin,
Kec. Pondok Gede, Kota Bekasi 17411
021-8909 2280 (Telpon)


signature
Back to top
banner