Home About Us Our Product Articles Contact Us Our Clients Chat Whatsapp

Metal Detector Daging Beku

Metal Detector Daging Beku

Metal Detector Daging Beku


Kebutuhan konsumsi daging sapi sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok. Ini dikarenakan daging sapi menjadi salah satu makanan yang mengandung gizi lengkap dan bermanfaat baik untuk tubuh. Rasa dan aroma yang khas dari daging membuat banyak orang menyukainya. Daging sapi sendiri memiliki dua variasi yaitu, daging segar dan daging beku yang bisa dipilih untuk olahan masakan. Daging segar adalah daging yang masih baru namun daging beku adalah daging yang sudah dibekukan dalam kurun beberapa waktu di dalam freezer.

Daging segar umumnya dijual di pasar-pasar tradisional yang akan habis dalam waktu satu hari setelah pemotongan. Sementara daging beku biasanya dijual di swalayan atau minimarket yang disimpan di dalam freezer. Daging beku ini biasanya diproduksi oleh perusahaan peternakan sapi. Daging beku yang disimpan di freezer bisa awet berbulan-bulan. Manfaat proses pembekuan daging dapat menghambat pertumbuhan mikroba, proses proteolitik, proses hidrolisis, proses lipoliti dan proses oksidatif. Proses membekukan daging di bawah titik beku cairan yang terdapat didalam daging, titik beku daging pada temperatur -20˚C s/d -30˚C.

Sebelum sampai di freezer swalayan, daging beku akan melalui beberapa proses. Proses pembekuan daging sapi dimulai setelah sapi melalui tahapan penyembelihan di RPH (Rumah Potong Hewan), daging sapi yang sudah bersih lalu dipotong sesuai ukuran dan divakum atau disimpan wadah bening yang tertutup rapat, lalu dimasukan ke dalam ruangan pembeku bersuhu -35 s/d -40°C. Ketika daging dipaparkan ke temperatur dingin, daging tersebut akan kehilangan panas akibat laju pindah panas yang terjadi dari medium ke bertemperatur rendah di sekitarnya. Permukaan daging akan mengalami penurunan temperatur lebih cepat dibandingkan dengan bagian dalamnya maka dari itu di perlukan waktu agar daging bisa beku secara keseluruhan. Setelah itu daging sapi yang sudah beku disimpan di ruangan pendingin/Cold Storage Freezer.

Dari proses produksi yang langsung dikemas tersebut, daging beku rentan terkontaminasi berbagai cemaran fisik terutama serpihan besi dan stainless dari peralatan sembelih hewan dan peralatan pembersihan yang mana itu berbahaya bagi konsumen jika terkonsumsi. Penting bagi produsen daging beku untuk memastikan bahwa tidak ada cemaran fisik yang terkemas dan terdistribusi ke pasar.

Pencegahan cemaran logam ini dapat menggunakan mesin metal detector jenis conveyor. Dengan prinsip sinyal elektromagnet, cemaran logam akan mengganggu sinyal tersebut dan menyebabkan mesin akan membunyikan alarm sebagai tanda bahaya. 

Jika anda sedang membutuhkan Metal Detector Daging Beku, silahkan hubungi Sales Representative kami pada kontak di bawah. Kami akan merekomendasikan alat yang cocok untuk kebutuhan di tempat anda.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D, Kel. Pondok Kelapa,
Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
0811-1720-047 (Whatsapp dan Telpon)
021-8694 1748 (Telpon)
sales@mealabs.com

signature
Back to top
banner