Home About Us Our Product Articles Contact Us Our Clients Chat Whatsapp

Metal Detector Ketumbar

Metal Detector Ketumbar

Metal Detector Ketumbar


Anda suka masakan dengan bau yang khas rempah Indonesia? Tentu jawaban sebagian besar orang Indonesia pasti mengiyakan karena Indonesia sebagai surganya rempah-rempah, tentu berbagai masakan khas setiap daerah tidak pernah luput dari campuran rempah-rempah. Karena rempah Indonesia yang sangat banyak, kita akan membahas salah satu saja yaitu ketumbar. Ketumbar sering dipakai untuk menambahkan wangi kepada masakan. Wangi ketumbar ini berasal dari komponen kimia yang terdapat dalam minyak atsiri ketumbar. Komponen utama minyak atsir ketumbar adalah linalool, dengan komponen pendukung lainnya seperti geraniol, geranil asetat dan camphor.

Ketumbar yang paling banyak beredar di pasaran adalah yang berbentuk biji karena untuk memasarkan bentuk ini tidak membutuhkan banyak proses. Namun untuk skala industri biasanya ketumbar dijual dalam bentuk serbuk atau sudah digerus kemudian dikemas dengan beberapa varian kemasan seperti sachet, botol plastik atau botol kaca. Umumnya para penikmat masakan berketumbar lebih memilih ketumbar yang masih dalam bentuk biji dengan alasan aromanya yang masih terjaga ketika hendak dimasak dibandingkan dengan ketumbar yang sudah digerus. Namun itu kembali ke selera masing-masing. Tak hanya bijinya saja yang sering digunakan dalam masakan. Daunnya yang majemuk seperti seledri itu sering diiris tipis dan dijadikan taburan dalam masakan seperti sup dan salad. Biasanya, tumbuhan ketumbar ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan. Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 1,3 m. Daunnya hijau dengan tepian bergerigi. Sedangkan, untuk bunga mejemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda. Untuk buah, bentuknya hampir bulat berwarna kuning bersusun. Kalau matang, buahnya mudah dirontokkan. Setelah itu, buahnya dikeringkan.

Biji ketumbar yang sudah dikeringkan kemudian akan terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah biji ketumbar yang akan langsung dikemas untuk dipasarkan. Dan yang kedua adalah biji ketumbar yang akan digerus dan dikemas untuk dipasarkan dalam bentuk bubuk. Sejak proses pemanenan sampai pengemasan, biji ketumbar dapat tercampur dengan segala macam cemaran seperti tanah, karat, serpihan besi, serpihan stainless, kaca, plastik dan lain-lain. Hal ini sangat mungkin terjadi karena proses yang begitu panjang pastinya menggunakan berbagai macam peralatan dan berada di berbagai kondisi yang berubah-ubah. Tentunya potensi masuknya cemaran ke dalam produk itu ada. Penulis pernah mencoba mengaduk-aduk sekarung sampel jintan dari pelanggan kami menggunakan sebatang magnet neodymium, hasilnya sungguh mencengangkan bahwa cemaran seperti serpihan besi, stainless dan bebatuan itu nyata adanya. Padahal secara tampilan sepertinya sampel tersebut sangat bersih, kenyataannya ketika menggunakan magnet untuk menguji seberapa kotor sampel tersebut, terbukti bahwa memang produk-produk dari hasil pertanian pun bisa dengan mudah terkontaminasi oleh berbagai cemaran.

Sebagai konsumen yang menggunakan produk ketumbar secara langsung atau konsumen produk makanan yang menggunakan ketumbar, tentu kita merasa khawatir jika ketumbar yang kita gunakan tersebut atau yang dipakai oleh penjual makanan tersebut belum bersih dari kontaminan. Maka dari itu perlu kesadaran dari perusahaan pengolah ketumbar untuk mencegah cemaran-cemaran tersebut (terutama logam) terbawa masuk ke dalam kemasan produk. Ketumbar dapat dicek menggunakan metal detector jenis free fall untuk memisahkan langsung produk yang terkontaminasi dengan produk yang tidak terkontaminasi. Dengan begitu produksi akan terus berjalan tanpa terhambat. Produk yang terkontaminasi bisa dicek ulang sampai residunya tinggal sedikit.

Jika anda sedang membutuhkan Metal Detector Ketumbar, silahkan hubungi Sales Representative kami pada kontak di bawah. Kami akan merekomendasikan alat yang cocok untuk kebutuhan di tempat anda.

CV. MEALABS INDONESIA
Jln. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 3D, Kel. Pondok Kelapa,
Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13450
0811-1720-047 (Whatsapp dan Telpon)
021-8694 1748 (Telpon)
sales@mealabs.com

signature
Back to top
banner